Menu Close

Cara Merawat Pagar Besi Tempa

Pagar Besi Tempa Klasik Mewah Modern (105)

Apabila membicarakan sebuah rumah, maka area yang paling luar merupakan area yang paling penting. Karena dari luarlah para tamu atau orang lain melihat rumah anda. Apabila tidak terawat, maka bagian dalam dari rumah tersebutpun mungkin saja sama. Rumah mencerminkan karakter yang muncul dari pemiliknya. Jangan sampai pemahaman orang lain akan karakter anda menjadi buruk hanya karena rumah yang jelek. 

Salah satunya adalah pagar rumah. Anda tentu tahu bahwa pagar rumah sangat penting untuk digunakan, karena menjadi bagian dari yang paling luar sebuah rumah. Selain itu fungsi dari pagar rumah menambah nilai estetika. Jika seseorang bertamu atau datang ke rumah anda dan disambut oleh pagar yang indah dan menarik, jelas akan menambah kesan penasaran bagi banyak orang. Berbicara soal pagar, berikut ini ada 5 cara merawat pagar besi tempa yang tepat bagi para pemilik rumah baru. Apa saja ?

  1. Membersihkan Karat

Masalah paling besar pertama yang terjadi pada sebuah pagar rumah yaitu munculnya karat. Anda harus mau membersihkan karat pada besi tersebut, sehingga pagar terlihat baru dan juga bersih. Membersihkan besi pada karat sebenarnya mudah. Selama karat tersebut tidak didiamkan selama bertahun-tahun. Bersihkan karat yang ada dengan menggunakan kain lap bertekstur kasar. Hal ini berguna untuk merontokan besi. Jika sudah maka gunakan masker dan sarung tangan, karena umumnya pagar berkarat pada besi cukup tajam.  Gunakan tiner agar lebih mudah dalam membersihkan karat, dan gosok dengan kuat. Sekali lagi hati-hati akan penggunakan tesktur lap dan juga tinner tersebut. 

  1. Mengecat Kembali

Selanjutnya cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penampilan pagar besi tempa yang anda miliki yaitu dengan melakukan pengecekan kembali. Biasanya warna dari pagar sendiri sudah memudar sehingga terlihat jelek dan juga rapuh. Walaupun begitu biasanya pagar besi tempa memiliki kelebihan akan kekuatan serta pagar yang cukup kokoh, sehingga warna memudar seringkali hanya menjadi efek belaka.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang memutuskan untuk melakukan pengecatan kembali, agar terlihat cantik dan juga bersih. Pengecatan ini juga dilakukan untuk mengubah momen ataupun suasana rumah yang anda miliki. Dengan yang tadinya kotor menjadi lebih bersih dan terawatt, hanya dengan mengubah warna pagar saja bisa merubah penampilan rumah secara keseluruhan.

  1. Manfaatkan Air Panas

Cara merawat besi tempa yang ketiga yaitu dengan memanfaatkan air panas untuk membantu membersihkan area yang kotor dan bernoda. Apabila anda memiliki pagar besi yang berwarna-warni dan tidak mungkin untuk kembali melakukan pengecatan, karena cukup sulit biasanya. Hal tersebut akan dimanfaatkan oleh beberapa orang dengan menggunakan air panas, setelah itu pagar mungkin akan terlihat bagus.

Jika penampilan pagar terlihat rusak ataupun catnya mulai terkelupas. Hal ini bisa digunakan dengan menuangkan air hangat atau panas kepada ember, kemudian celupkan lap dan berikan sabun pada permukaan lapisan tersebut. Setelah itu gosok seluruh pagar besi rumah baru sisa air panas ke dalam ember tersebut disiramkan ke pada besi. Esok harinya kuas cat yang tebal dan juga rusak bisa luntur dan juga copot setelah itu anda akan lebih mudah untuk melakukan pengecatan kembali.

  1. Memilih Cat Berkualitas

Terakhir hal yang dapat anda lakukan untuk masuk ke dalam cara merawat pagar besi rumah tempa yaitu dengan memilih cat yang berkualitas dan juga sesuai. Pagar bisa kembali bersih dan terawatt apabila anda bisa memilih cat yang berkualitas. Selain itu anda memaksakan diri untuk menggunakan produk yang bisa menyebabkan karat pada besi tersebut muncul kembali.

Itulah informasi yang dapat dilakukan untuk memberikan perawatan pada besi tempa yang anda miliki. Walaupun terlihat sulit namun sebenarnya perawatan ini tidak dilakukan berulang-ulang. Namun hanya beberapa waktu saja biasanya masa perawatan tersebut sebanyak 2-3 kali per 5 tahun. Apabila anda menggunakan produk ataupun cat yang berkualitas.

Selain itu ketika anda memutuskan untuk melakukan perawatan pada pagar besi tempa, khusus dengan pagar tinggi lebih dari satu setengah meter adalah harus bisa merawat ataupun melakukan perubahan. Mulai dari bawah pagar hingga pagar yang paling atas.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat