Menu Close

Pintu Aluminium atau Kayu ?

Pintu Aluminium atau Kayu? pertanyaan yang lumrah ketika membangun sebuah bangunan. Pintu mana yang akan dipakai untuk bangunan, apakah pintu aluminium atau pintu kayu. Sebelum memutuskan mana yang akan dipakai, maka alangkah baiknya jika anda mengetahui kelebihan dari masing-masing pintu tersebut. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pintu aluminium dari segi kelebihan, jenis pintu, dan jenis bukaan pintu.

Apa sajakah kelebihan pintu aluminium? seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, bahwa kelebihan bahan aluminium adalah kuat dan tahan lama. Pintu Aluminium tidak akan mengalami perubahan bentuk yang diakibatkan oleh perubahan cuaca serta tidak akan keropos akibat dimakan rayap. Pintu Aluminium juga banyak digemari karena bentuknya yang modern serta proses pembuatan dan pengerjaannya lebih cepat dan murah.

Jenis Pintu Aluminium
Terdapat tiga jenis pintu aluminium yang bisa anda gunakan untuk rumah atau bangunan lainnya. Berikut ketiga jenis pintu tersebut.

Jenis Pintu Aluminium

  • Pintu Panel Aluminium: Jenis pintu ini adalah pintu yang rangka serta body penutup rangka terbuat dari aluminium, jadi secara keseluruhan jenis pintu ini terbuat dari aluminium. Pintu jenis ini biasa dipakai untuk pintu utama atau depan, hanya saja jenis ini masih jarang digunakan karena harganya terbilang mahal.
  • Pintu Aluminium Expanda: Pintu jenis ini biasa disebut Pintu Aluminium Kawat Nyamuk. Sesuai dengan namanya, pintu ini berfungsi sebagai penahan nyamuk agar tidak masuk ke dalam ruangan atau rumah, kawat nyamuk yang digunakan adalah berbahan aluminium sehingga lebih kuat dari pada bahan nylon yang biasa digunakan untuk penahan nyamuk.
  • Pintu Aluminium Kaca: Ini adalah jenis pintu aluminium yang paling banyak digunakan, pintu ini rangkanya terbuat bahan aluminium sedangkan bagian body dari kaca. Jenis pintu ini banyak digunakan untuk perkantoran, pertokoan, rumah sakit, dan tidak sedikit yang menggunakan untuk rumah tinggal.

Jenis Bukaan Pintu Aluminium
Di atas telah dibahas mengenai jenis pintu, sekarang akan dibahas mengenai jenis pintu aluminium berdasarkan bukaanya. Terdapat tiga jenis bukaan, berikut ketiga jenis bukaan tersebut.

Jenis Bukaan Pintu Aluminium

  1. Pintu Aluminium Lipat: Pintu ini biasa juga disebut folding door, pengoperasian pintu jenis ini adalah dengan cara dilipat. Karena pengoperasiannya dengan cara dilipat, maka pintu jenis ini harus terdiri dari minimal dua buah pintu yang saling bergandengan.
  2. Pintu Aluminium Sliding: Sesuai dengan namanya, pintu ini cara pengoperasiannya dengan cara digeser ke samping untuk menutup dan membuka. Pintu Sliding cocok digunakan pada rumah bergaya minimalis sebab pintu ini tidak membutuhkan space yang banyak ketika membuka dan menutup.
  3. Pintu Aluminium Swing: Jenis pintu yang terakhir ini merupakan pintu yang arah buka tutupnya dengan cara diayun ke samping, Pintu Aluminium Swing merupakan jenis yang paling banyak digunakan pada perkantoran atau pertokoan. Tapi tidak sedikit juga yang menggunakannya pada rumah tinggal.

Nah, demikianlah sedikit penjelasan mengenai Pintu Aluminium. Semoga artikel ini bisa memberikan masukkan kepada anda yang akan menggunakan Pintu Aluminium pada bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat