Kanopi Rumah minimalis

25 Model Kanopi Rumah Minimalis, Manfaat dan jenis atapnya

Mempunyai rumah baru memang menyenangkan, rumah merupakan sebuah investasi jangka panjang yang perlu dipertimbangkan desain baik pemilihan furniture dan juga material rumah. Jika anda membaca artikel ini mungkin anda sedang mencari sebuah kanopi rumah minimalis ?

Disini kami akan membahas tentang : apa saja bahan rangka kanopi ? apa jenis atap kanopi ?

Jika kita menilik arti dari kata kanopi, maka terdapat dua pengertian. Pengertian pertama yang tercantum pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kanopi berarti tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam dan sebagainya. Sementara itu dalam dunia biologi, kanopi rumah minimalis berhubungan erat dengan ekologi hutan.

Kanopi pohon adalah bentuk dari percabangan dahan pohon yang menutupi daratan yang berada di bawahnya. Apabila tepi percabangan dahan dari sebuah pohon bertemu dengan tepi percabangan pohon yang lain dalam sebuah kawasan hutan, maka hal demikian disebut dengan kanopi hutan.

Pada umumnya, kebutuhan pemasangan kanopi pada sebuah hunian adalh berfungsi untuk menutupi bagian luar rumah agar terhindar dari teriknya matahari maupun derasnya air hujan.

Namun pada perkembangannya, fungsi kanopi dapat sangat beragam.

Fungsi Kanopi Rumah Minimalis

Misalnya saja untuk semi garasi sekaligus melindungi kendaraan bermotor yang dimiliki sementara ukuran hunian tidak memungkinkan untuk pembuatan sebuah garasi, atau bisa jadi menjadi aksen atau penghias bagian dari sebuah hunian.

Pemasangannya juga tidak melulu harus pda bagian depan hunian saja, melainkan juga dapat diaplikasikan pada bagian samping dan belakang rumah, bahkan juga diatas jendela.

Kanopi juga bukan hanya dapat dipergunakan pada sebuah hunian saja, namun juga perkantoran. Namun kali ini kita akan menampilkan kanopi rumah minimalis yang dipergunakan untuk bagian teras rumah.

Teras rumah umumnya dipakai untuk bersantai dan menerima tamu, di area teras tentu butuh tempat duduk yang awet dan tidak butuh banyak perawatan seperti kursi teras besi tempa.

Saat ini kanopi sudah tersedia dalam berbagai macam penawaran bentuk dan ukuran. Harga yang ditawarkan juga beragam tergantung dan ukuran, bentuk dan juga bahan yang diperlukan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menambahkan kanopi pada bagian dari hunian Anda, sebelumnya tidak ada salahnya jika Anda menilik kembali apa saja manfaat dari kanopi :


Menjadi pelindung bagi efek buruk sinar UV

Sinar UV yang dilontarkan matahari, bukan hanya memiliki efek buruk bagi kulit kita, namun juga bangunan dalam hal ini hunian.

Sinar UV mampu mempercepat kerusakan serta mempercepat pudarnya warna pada kusen bangunan.

Selain kusen, bagian lain yang rentan kusam adalah warna dari kain gordin atau tirai pada jendela yang menghadap keluar serta beraneka barang dan perabot yang Anda letakkan pada halaman atau bagian teras rumah.

Pemasangan kanopi dapat membantu mengurangi intensitas sinar UV karena tersaring oleh material atap kanopi tersebut.

Sejumlah material kanopi bahkan mampu menahan seluruh sinar yang jatuh pada bagian ini sehingga sama sekali tidak tembus ke area yang perlu dilindungi.

Jika kendaraan bermotor Anda simpan di bawah kanopi, maka penggunaan kanopi juga dapat melindungi motor atau mobil Anda dari percepatan kerusakan atau pemudaran warna.


Menghemat penggunaan listrik

Pada saat musim panas tiba dan matahari demikian terik, seringkali efek panasnya sampai ke dalam rumah. Banyak hunian di negara kita yang memerlukan Air Conditioner (AC) untuk menstabilkan suhu di dalam ruangan karena efek panas matahari.

Namun tentu saja, penggunaan AC apalagi dalam jumlah yang besar tentu membuat tagihan listrik membengkak.

Dengan pemasangan kanopi, panas dari luar mampu ditahan bahkan dapat membantu membuat bagian dalam rumah Anda menjadi sejuk sehingga beberapa bagian di rumah tidak perlu dipasangi AC atau AC dapat Anda matikan. Hal ini tentu saja dapat membuat tagihan listrik Anda dapat menurun

Membuat tampilan hunian menjadi indah dan cantik

Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan warga, kanopi saat ini juga menawarkan berbagai ukuran, bentuk dan juga warna serta desain yang beragam. Anda dapat memiliki desain minimalis maupun desain klasik tentu saja dipadu dengan berbagai ornament tambahan.

Tampilan hunian Anda akan tampak berbeda, unik dan cantik dengan pemilihan model kanopi yang tepat. Kanopi dapat memperindah penampakan dari hunian.
Pelindung dari hujan

Kanopi bukan saja bermanfaat untuk melindungi hunian dari panas matahari dan sinar UV namun juga dari hujan. Jika bagian halaman rumah Anda ber-kanopi, maka Anda tidak perlu khawatir untuk beraktifitas disana meskipun saat itu hujan sedang mengguyur bumi.

Anda juga tidak perlu khawatir perabot rumah yang Anda letakkan di teras akan mudah lembab atau rusak karena air hujan.

Selain itu selepas Anda bepergian jika harus turun di depan rumah, Anda tidak perlu berlarian di tengah hujan untuk sampai di depan pintu rumah. Kanopi akan melindungi Anda saat berjalan dari depan pagar hingga tepat di depan pintu.


Perawatan yang mudah

Tidak hanya bermanfaat, kanopi juga mudah dalam perawatan. Tidak perlu ada perawatan khusus, hanya mungkin dibersihkan sesekali dari debu atau dedaunan yang jatuh diatas kanopi.

Jika Anda merasa bosan dengan warna kanopi Anda, maka Anda dapat melakukan proses cat ulang pada rangka kanopi, sehingga dalam sekejap tampilan kanopi dan hunian Anda juga tampak berbeda.

Selain itu, proses pengecatan ulang dapat menambah daya tahan kanopi.

Jenis bahan Atap Kanopi berikut Keunggulan dan kekurangannya :

  1. Bahan Fiberglass.
    Keunggulan: Harganya terjangkau, sebagai dukungan panas, yaitu saat mengeringkan pakaian dalam di bawah penutup, tali cucian mengering dengan cepat.
    Kekurangan: cenderung mudah rusak selama instalasi, yang menyebabkannya saat hujan.
  2. Bahan Kaca
    Keuntungan: Tampilan elegan dengan tampilan luxury, elegan dan bersih, cocok untuk hunian yang memiliki pencahayaan alami yang cukup
    Kekurangan: Harga cukup mahal, tidak tahan dengan panas, harus berhati-hati saat menginstal.
  3. Bahan membran
    Keunggulan: tidak mudah terbakar, mempertahankan matahari dengan sangat optimal.
    Kekurangan: Harganya cukup mahal.

Bahan ini sangat cocok untuk rumah minimalis.

  1. POLYCARBONATE
    Keunggulan: terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak ketika instalasi dan tidak meninggalkan lubang selama instalasi, ketika hujan tidak menyebabkan berisik.
    Kekurangan: Harganya cukup mahal, sulit untuk dibersihkan.
  2. Bahan PVC.
    Keunggulan: tidak mudah rusak dan pembakaran, yang memberikan udara segar, mudah berkarat.
    Kekurangan: Harganya cukup mahal, hanya dua warna yang tersedia, yaitu: putih dan biru, bukan 100% tahan api.

Bahan ini adalah yang paling banyak digunakan di rumah bergaya modern.

  1. Bahan Zincalume
    Keunggulan: Harganya terjangkau, mampu mencegah air hujan dan sinar matahari.
    Kekurangan: Ini cukup bising ketika hujan, sangat mudah untuk menjadi kusam.

Baca Juga Panduan Pemilihan Gambar Desain Rumah Minimalis

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengaplikasikan kanopi pada bagian rumah Anda? Sebagai gambaran, berikut ini kami akan hadirkan 25 model gambar kanopi untuk teras rumah agar menjadi bahan pertimbahan Anda :

error: Content is protected !!
WhatsApp chat