Pentingnya Olahraga untuk Kesehatan tubuh dan Mental

Pada akhir tahun 2019 ditemukan sebuah penyakit menular yang berbaya yaitu Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Sampai saat ini belum ada obat Virus Corona tersebut, yang dapat melawan virus tersebut ada antibody / sistem imun tubuh kita. Dan agar sistem imun tubuh kita tetap kuat melawan virus, ada beberapa hal yang perlu dilakukan salah satunya dengan berolahraga, minum vitamin, tidur yang cukup dan menjaga pola hidup sehat.

Olahraga adalah sebuah kegiatan berupa gerak badan untuk melatih otot dan tulang untuk menyehatkan tubuh. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa anda lakukan sendiri seperti lari, berenang, bersepeda jalan cepat atau fitness di tempat gym.

Dengan fitness anda dapat melatih tubuh agar tetap sehat dan stamina terjaga, anda tidak harus datang ke tempat fitness untuk melakukan fitness. Sebab saat ini banyak fasilitas umum yang disediakan pemerintah daerah di taman kota atau ruang terbuka berupa alat fitness outdoor.

Karena ini fasilitas umum tentunya tidak perlu bayar alias gratis, anda juga dapat datang sewaktu-waktu jika sedang libur kerja.

Atau anda juga berolahraga santai dekat rumah dengan berlari atau bersepeda yang lagi tren saat ini. Nah berikut ini beberapa manfaat berolahraga rutin :

 

Membuat Kulit Sehat

Ingin kulit terlihat sehat dan glowing? Olahraga. Pasalnya, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan aliran darah sekaligus produksi antioksidan alami tubuh. Fungsi antioksidan dapat melindungi sel-sel, termasuk sel kulit. Alhasil kulit pun sehat dan glowing. Imbangi berolahraga dengan mengonsumsi beragam sayuran dan buah beri (stroberi, blackberryraspberryblueberry) yang kaya akan antioksidan sekaligus makanan yang baik untuk penyakit jantung.

 

Baik Untuk Otak dan Memori

Terkesan sepele, tetapi berolahraga akan memperbaiki fungsi otak dan memori. Secara teknis, berolahraga akan menambah detak jantung yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Di sisi lain, kegiatan fisik ini menstimulasi produksi hormon yang memperbanyak pertumbuhan sel otak. Alhasil olahraga dapat memperbaiki fungsi otak dan melindungi memori untuk berpikir. Sebaliknya, jika Anda malas berolahraga dan kurang menjaga asupan bernutrisi akan membuat tubuh obesitas. Bukan tidak mungkin tubuh terserang hipertensi, diabetes, atau stroke.

 

Membantu Relaksasi

Ketegangan yang terjadi selama di kantor dapat membuat Anda lelah, pusing, bahkan mengganggu waktu tidur. Tak sedikit yang menyepelekan kurang tidur atau tidur cukup tetapi ketika bangun, kepala menjadi pusing. Hal terburuk akan membuat emosi Anda tidak stabil, hubungan dengan rekan kerja terganggu, hingga mempengaruhi psikis.

Jika demikian, Anda membutuhkan relaksasi. Dan relaksasi bisa Anda dapatkan dengan olahraga. Olahraga dapat merangsang proses relaksasi ketika seseorang tidur. Peningkatan suhu tubuh selama berolahraga juga dianggap meningkatkan kualitas tidur.

 

Lebih Bahagia

Olahraga menambah sensitivitas otak untuk hormon serotoninnorepinefrin, dan endorfin. Hormon tersebut membuat seseorang bahagia, memperbaiki mood, dan menekan rasa cemas serta stress. Bagi pasien yang menderita kegelisahan, disarankan untuk rutin berolahraga. Karena aktivitas fisik mampu mengurangi rasa gelisah, tak peduli seberapa tinggi intensitas gerakan olahraganya.

 

Menambah Energi

Olahraga dapat membuat seseorang lelah. Di sisi lain, olahraga juga bisa menambah energi, entah orang tersebut sakit atau sedang sakit. Tentu pemilihan jenis olahraga disesuaikan dengan kondisi tubuh, kebiasaan, serta usia. Bahkan olahraga teratur dapat menambah energi bagi orang-orang yang menderita sindrom kelelahan kronis.

Olahraga memberikan manfaat luar biasa. Olahraga secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu, dapat meningkatkan setiap sisi kesehatan Anda.

sumber: www.prudential.co.id

error: Content is protected !!
WhatsApp chat